Sunday, June 12, 2016

Apa itu partisi pada harddisk ?

Apa itu partisi pada harddisk ?
Di Posting Oleh : Wandi febriandi
Kategori : Pelajaran Sistem Operasi

Selamat datang kawan kawan kawan di blog saya yang sederhana ini . Sebelumnya saya mau tanya bagaimana kabarnya kawan ? mudah mudahan sehat , amin . Diartikel sebelumnya saya telah berbagi mengenai perbedaan antara blog dan website . Diartikel sebelumnya juga saya telah berbagi mengenai yang dikangenin selama bulan ramadhan .


Oke kali ini saya akan membahas mengenai partisi pada harddiks . harddiks itu merupakan media penyimpanan , berjenis magnetik storage media . apa itu media megnetik storage media ? baca di macam macam alat penyimpanan komputer . Oke sekarang kita mulai bahas mengenai partisi pada harddiks .

Apa itu partisi pada harddiks ?

Partisi adalah pembagian , pemisahan , atau penyekatan pada harddiks . Pembagian ini bentujuan agar mempermudah manajemen file . Selain mempermudah manajemen file , partisi juga  memiliki kegunaan , sebagai berikut :

  • Jika partisi / drive C terkena virus , pastisi lain akan tetap aman dari virus dan jika ingin memformat drive C , drive lain tidak terpengaruh .
  • Mempermudah windows dalam menindex file drive komputer .
  • Dapat menginstall lebih dari satu sistem operasi di dalam harddiks tanpa khawatir terjadinya tumpang tindih file .
Nah itu mengenai keuntungan partisi . di dalam partisi juga terdapat jenis jenisnya , tentu memiliki fungsi masing masing . 

Jenis jenis partisi pada harddiks

Primary partition

partisi ini merupakan patisi utama pada sebeuah harddiks . Partisi ini di peruntukan sebagi temapt penyimpanan dimana sistem operasi pada komputer terinstall . jumlah maksimal 4 partisi .

Extended partition

Partisi ini tidak menangani pengelolaan data secara langsung . Untuk dapat mengolah data , kita harus menambah partisi logical terlebih dahulu . 

Logical partition

merupakann bagian dari exteded partition . jenis inilah yang biasanya digunakan sebagai penyimpanan data . Jumlahnya bisa lebih dari empat .

Oke mungkin itu dia bahas bahas mengenai apa itu partisi pada harddisk ? apa kegunaanya ? apa jenis jenisnya ? . Semoga bermanfaat dan juga menambah wawasan . Terimakasih telah berkenan membaca artikel ini . Sampai jumpa di artikel yang lainnya yang lebih menarik dan juga lebih bemanfaat . 
Silahkan kunjungi blog terbaru saya disini

1 comment: