Friday, March 4, 2016

Menentukan bilangan ganjil atau genap dengan bahasa c

Menentukan bilangan ganjil atau genap dengan bahasa c
Di Posting Oleh : Wandi febriandi
Kategori : Pelajaran Pemprograman

Selamat datang kawan kawan di blog saya yang sederhana ini . Sebelumnya saya mau tanya bagaimana kabarnya kawan ? mudah mudahan sehat , amin . Di artikel sebelumnya saya telah berbagi mengenai game psp yang bisa dimainkan di android atau di pc mau download kumpulan gamenya download disini , kalo kalian belum download emulatornya download dulu untuk android disini , kalo untuk PC disini . Di artikel sebelumnya saya telah berbagi pengetahuan mengenai apa itu open source ? mau tahu simak disini .



Oke kali ini saya akan membahas lagi tentang bahasa c , kali ini menngenai menentukan bilangan ganjil atau genap . mau tau kaya gimana , kalo gitu kembali ke laptop .
yang pertama kita akan bahas bagaimana algoritma nya dulu 

1. Masukan bil
2. bil=bil%2
3. jika bil==0 
         cetak "bilangan genap"
4.lainnya
         cetak "bilangan ganjil"
5.selesai

% artinya sisa bagi jadi misal 8%2 = 0 misal lagi 9%2=1 .

baik sekarang mari kita tuangkan kedalam bahasa c

#include"stdio.h"
main()
{
int bil;
printf("Masukan bilangan : ");
scanf("%i",&bil);
bil=bil%2;
if(bil==0){
printf("Bilangan genap\n");
}else{
printf("Bilangan ganjil\n");
}
}




Karena kita sudah membuat algoritmanya jadi agak mudah di tuangkan ke bahasa pemprogramannya . Kali ini saya akan coba jelaskan , misal kita memasukan bil = 4 lalu ada proses bil=bil%2 4%2 = 0 maka akan mencetak "bilangan genap " jika kita memasukan 5 lalu bil = bil%2 5%2 = 1 karena bil tidak sama dengan 0 maka akan mencetak "bilangan ganjil " .



Oke itu dia membuat program menentukan bilangan ganjil atau bilangan genap dengan bahasa c . semoga bermanfaat . jangan lupa like fans page kami atau share artikel ini .

terima kasih telah berkenan membaca artikel ini .
Silahkan kunjungi blog terbaru saya disini

No comments:

Post a Comment