Friday, March 4, 2016

Pengetian database

Pengetian database
Di Posting Oleh : Wandi febriandi
Kategori : Lain - lain Pengetahuan Umum

Selamat datang kawan kawan di blog saya yang sederhana ini , sbelumnya saya mau tanya kawan bagaimana kabarnya ? mudah mudahan baik baik saja , amin . di artikel sebelumnya saya telah membahas tentang apa itu open source ? mau tau apa itu open source mari simak disini . Di artikel sebelumnya juga saya telah berbagi tentang kumpulan game ppssp , kalo kalian belum download emulator ppsspp nya download untuk android disini kalo untuk pc disini .



Oke kali ini saya akan menjelaskan mengenai database , seperti biasa dimulai dari yang pertanyaan yang sederhana yaitu apa itu database ? database atau basis data adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis pada komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak ( software ) untuk menghasilkan informasi . Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data , struktur data dan juga batasan data yang akan disimpan . basis data ini sangat penting kawan dalam sistem informasi dimana basis data merupakan sebuah gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut .

Basis data atau databases bisa diibaratkan sebuah lemari yang kita dapat memasukan apa saja dan tentu kita bisa mengambilnya bisa mengubah juga dan bisa membuangnya . databases atau basis data kita bisa memasukan data , mengambil data , mengedit data , menghapus data dan lain lain .

Jenis jenis databases


  • Mysql ,merupakan aplikasi pengolah databases yang bersifat open source , apa itu open source ? mau tau open source baca disini . Mysql dikembangkan oleh oracle . Merupakan pengolah database yang paling banyak digunakan di dunia .
  • SQLite , merupakan aplikasi pengolah database yagn bersifat open source juga , yang dikembangkan oleh D.Richard Hipp .Dikenal sebagai pengolah databases yang sangat kecil .
  • Microsoft SQL Server, merupakan aplikasi pengolah databases yang dikembangkan oleh Microsoft dan bersifat proprietary (komersial),namun tersedia juga versi freeware-nya .
  • Oracle , merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat proprietary(komersial),dikembangkan oleh Oracle corporation . Pengolah database ini terbagi dalam beberapa varian dengan segmen dan tujuan pengunaan yang berbeda-beda . Database jenis ini biasanya digunakan oleh perusahaan besar karena harganya sangat mahal
Dan masih banyak yang lainnya .

Oke itu dia pengertian databases , semoga jelas dan juga bermanfaat . Jangan lupa like fans page kami dan juga share artikel ini jangan biarkan kawan kawan kalian kurang tau tentang teknologi . Sampai jumpa di artikel yang lainnya

Terimakasih telah membaca artikel ini .
Silahkan kunjungi blog terbaru saya disini

No comments:

Post a Comment