Thursday, June 16, 2016

Membuat halaman paging dengan php

Membuat halaman paging dengan php
Di Posting Oleh : Wandi febriandi
Kategori : Pelajaran Pemprograman web




Selamat datang kawan kawan di blog saya yang sederhana ini . Bagaimana kabarnya ? mudah mudahan pada sehat , amin . Oke kali ini sekarang saya akan lanjut belajar php lagi , setelah di php sebelumnya saya berbagi cara operasi direktori di php . Sekarang saya akan membagikan tutorial mengenai cara membuat halaman paging .

Sebelum memulai pelajaran ini kawan kawan harus tau dulu cara menampilkan data dari database dengan php  karena halaman paging ini kita juga akan menampilkan data .

Apa sih itu halaman paging ?

Halaman paging kalo di blog itu di bagian index , akan menampilkan beberapa artikel misal 5 dan ada klik artikel sebelum dan sesudah . Gimana kalo kawan kawan tidak menggunakan paging , kawan kawan memiliki ribuan artikel . Pasti blog kalian akan lemot dan pengunjung akan sepi . Nah cara menanganinya dengan cara membagi bagi artikelnya ( datanya di bagi bagi ) .

Cara membagi baginya jika menggunakan limit di mysql . di limit ini ada dua argumen . yang pertama adalah sebagai offset atau awalnya dan yang kedua adalah banyak data yang akan di ambil dari database .

Baik kita mulai saja praktek , kawan kawan sebelumnya buat dulu databasenya . Kalo saya sudah , membuat database yang bernama siswa dan didalamnya terdapat id , nama dan juga umur kalo di blog itu ada judul dan isi , sama saja hanya berbeda namanya saja .

<a href="daftar.php">Daftar</a>
<table border="1">
<tr>
<td>id</td>
<td>Nama</td>
<td>Umur</td>
<td>Edit</td>
<td>Hapus</td>
</tr>
<?php 
$host="localhost";
$user="root";
$pass="";
$db="siswa";
$konek=mysql_connect($host,$user,$pass);
$pilih_databases=mysql_select_db($db,$konek);
$page=0;$batas=2;
if(isset($_GET['page'])){$page=$_GET['page'];}
$select = "select * from biodata limit $page,$batas";
$query=mysql_query($select);
while($hasil=mysql_fetch_assoc($query)){
echo "<tr><td>".$hasil['id']."</td>";
echo "<td>".$hasil['nama']."</td>";
echo "<td>".$hasil['umur']."</td>";
echo "<td><a href='edit.php?id=".$hasil['id']."'>Edit</a></td>";
echo "<td><a href='aksi.php?id=".$hasil['id']."'>hapus</a></td></tr>";
}
?>
</table>
<a href="?page=<?php echo $page-2; ?>">Data sebelumnya</a>
<a href="?page=<?php echo $page+2; ?>">Data Selanjutnya</a>





Jadi querynya dengan cara select * from biodata limit $page,$batas . seperti tadi saya bilang limit $datake_berapa , $berapa_banyak . jadi dari data yang beberapa yang pertama dan yang kedua adalah berapa banyak data yang akan di ambilnya . 

Untuk yang bagian  <a href="?page=<?php echo $page-2; ?>">Data sebelumnya</a> dan yang <a href="?page=<?php echo $page+2; ?>">Data Selanjutnya</a> jika ini di klik maka akan mengirim data dengan metode get dan jika get ini ada maka akan ada aritmatika $page=$_GET['page']; yang asalnya 0 jadi $page+2 . dan begitu juga sebaliknya jika kita melakukan sebelumnya sama akan ada aritmatika $page-2 . Sehingga akan megubah juga query select * from biodata limit $page,$batas . 

kawan kawan juga bisa mengeditnya menjadi lebih bagus lagi , misalnya kalo di yang paling pertama maka tidak ada hyperlink sebelumnya dan juga sebaliknya jiga sudah di paling akhir maka tidak akan ada hyberlink selanjutnya .

Mudah bukan hanya tinggal ketik ketik ketik lihat hasilnya dan selesai  , ilmu kita bertambah .

jadi istilah membagi bagi data itu istilahnya paging . 

Oke mungkin itu dia semoga menambah wawasan dan juga tentunya semoga bermanfaat . Terimakasih telah bekenan membaca artikel ini . Sampai jumpa di artikel yang lainnya yang lebih menarik dan juga lebih bermanfaat .

menjelang libur sekolah untuk mengisi waktu luang kita belajar koding sama sama dan mari kita perluas wawasan kita  , agar kita siap nantinya di dunia pekerjaan karena kita sudah memiliki skill . 

Silahkan kunjungi blog terbaru saya disini

No comments:

Post a Comment