Tuesday, February 23, 2016

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Perbedaan HTTP dan HTTPS
Di Posting Oleh : Wandi febriandi
Kategori : Jaringan Dasar Lain - lain Pengetahuan Umum

internet

Selamat datang kawan di blog saya yang sederhana ini , bagaimana kabarnya kawan ? mudah mudahan sehat selalu  , amin  . Di  artikel sebelumnya saya telah berbagi game baru yang di buat oleh supercell bisa dibilang adiknya coc yaitu clash royale mau download disini dan saya juga telah berbagi game untuk emulator ppsspp , tentunya itu menjalakan game kawan perlu download dulu ppssppnya disini , kalo kumpulan gamenya disini .

Oke lanjut kali ini saya akan berbagi pengetahuan umum yaitu perbedaan HTTP dan HTTPS . semua orang pasti pernah browsing dan sering kali melihat di address bar sering kali melihat ada tulisan http atau https . Nah sekarang apa itu http ? apa itu https ? dan apa perbedaannya ?

HTTP merukapan kependekan dari Hypertext transfer protocol adalah sebuah protokel jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif , dan menggunakan hipermedia pengunaannya banyak pada pegambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan yang di sebut hypertext yang kemudian membentuk www ( world wide web ) pada tahun 1990 oleh  fisikawan inggris yang bernama tim berners lee .

Sementara itu HTTPS merupakan kependekan dari Hypertext tranfer protocol secure oh itu perdedaannya hanya ada tambahan kata secure ? iya sih tetapi https memiliki fungsi di bidang keamanan ( secure ) , https ini di temukan oleh netscape communication corporation. Pada umumnya port yang digunakan https adalah 443 sementara http default port-nya 80 .

Cara kerja


HTTPS bukan protokol yang terpisah , tetapi  mengacu pada kombinasi sockets interaksi HTTP lapisan yang mormal dienkripsi melalui SSL secure atau transport layer security ( TLS ) mekanisme tranportasi. Hal ini memastikan perlidungan yang wajar dari penyadap dan asalkan dilaksanakan dengan benar otoritas tingkat melakukan pekerjaan mereka dengan baik terhadap serangan .

Itu dia mengenai http dan https , semoga bermanfaat sampai jumpa di artikel yang lainnya .jangan lupa share atau like fans page kami .Untuk menambah wawasan kita tentang jaringan Baca juga apa sih yang dimaksud url . 
Silahkan kunjungi blog terbaru saya disini

No comments:

Post a Comment