Saturday, January 16, 2016

Jenis Jenis Keyboard Komputer

Jenis Jenis Keyboard Komputer
Di Posting Oleh : Wandi febriandi
Kategori : Pelajaran Perakitan Komputer

Oke selamat datang di blog saya yang sederhana ini , di malam hari ini saya akan berbagi pengetahuan tentang keyboard , yang jelas bukan keyboard buat musik tapi keyboard buat komputer . Semua pasti sudah tau bentuk fisik dari keyboard , tetapi mungkin yang standardnya yaitu keyboard qwerty . Disini saya akan banyak sekali berbagi jenis jenis keyboard agar menambah pengetahuan kita semua . Oke kalo gitu kita bahas aja sama sama 







Apa sih yang dimaksud Keyboard ?


Keyboard adalah sebauh perangkat keras ( hardware ) Pada komputer yang berfungsi sebagai alat unutk memasukan atau input device  Untuk memasukan apa  ? untuk memasukan data yang berupa huruf , angka dan simbol . Oke kalo sekarang sudah tau apa itu keyboard mari kita bahas yang selanjutnya 

Jenis - Jenis Keyboard


1. Keyboard qwerty




Keyboard jenis ini mengkin sudah tidak asing lagi buat kalian . Tata letak pada keyboard ini ditemukan pada tahun 1878 . lalu mesin tik ini menjadi standard pada tahun 1905 . Nama qwerty ini di ambil pada 6 huruf pertama baris ke 2 dari tonbol alfanumerik keyboard tersebut .


2. Keyboard dvorak




Keyboard ini ditemukan pada tahun 1932 . susunan huruf pada keyboard dvorak di susun sedemikian rupa . Pada keyboard ini tangan sebelah kanan akan lebih banyak di bebani pekerjaan jika dibandingkan dengan tangan sebelah kiri . keyboard dvorak dirancang supaya 70% dari penekanan pada home row ,jadi dapat mengurangi kelelahan ketika pengetikan.


3. Keyboard Maltron





Keyboard jenis ini , memiliki bentuk cekung ke dalam , dengan pertimbangannya bahwa saat jari - jari di posisikan untuk mengetik , maka dijamin jari jari tidak membentuk garis lurus . Nama maltron sendiri berasal dari produsen yang membuatnya . berkeyakinan dengan mengunakan keyboard tersebut pengetik akan lebih mudah.

4. Keyboard numeric



Keyboard numeric merupakan jenis keyboard yang digunakan untuk memasukan angka atau bilangan dalam jumlah yang sangat besar , orang orang lebih menyukai menggunakan tombol numeric yang tata letaknya dapat mudak dijangkau mengunakan tangn , sehingga tentunya lebih nyaman dan efisien digunakan .

5. Keyboard Alphabetic




Tombol yang terdapat pada keyboard alphabetic ini dosusun sama persis seperti pada keyboard qwerty dan keyboard dvorak , akan tetapi susunan dari hurufnya berurutan seperti halnya pada urutan huruf alphabet . Keyboard ini jarang sekali digunakan , karena memperlambat kecepatan dalam pengetikan .

Oke sob sekian yang saya tadi bahas semoga paham dan bermanfaat tentunya .

sampai jumpa di artikel selanjutnya

baca juga jenis jenis mouse komputer dan pengertiannya
Silahkan kunjungi blog terbaru saya disini

No comments:

Post a Comment