Wednesday, September 14, 2016

Membuat jam digital dengan VB6

Membuat jam digital dengan VB6
Di Posting Oleh : Wandi febriandi
Kategori : Pelajaran Pemprograman



Selamat datang kawan kawan diblog saya yang sederhana ini . Di kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai membuat jam digital dengan VB6 , jam berarti berhubungan dengan waktu .

Baca artikel sebelumnya fungsi pada vb6
Untuk membuat jam digital sangat mudah sekali ya , hanya tinggal ketik ketik ketik dan jadi tidak seperti di pemprograman lain banyak kodingngan untuk  menampilkan jam digital ini , tetapi kalo di vb6 ini mudah sekali membuat jam digital .

Untuk membuat jam digital yang kita butuhkan adalah label dan juga timer . Timer ini berfungsi yang paling banyak di gunakan adalah membuat animasi . Karena misal gini setiap 1 detik maka akan berpindah posisi atau setiap satu detik tulisan akan berubah rubah .

Untuk menampilkan waktu saat ini , kita gunakan yang namanya Time dan untuk mengambil tanggal saat ini kita gunakan Date .

Oke langsung saja yang kita butuhkan adalah 2 label dan satu buah timer .

Desain tampilan seperti berikut

Desain tampilan seperti berikut , dan buat yang tidak tau timer di sebelah mana di gambar di sana ditunjukan . Jika sudah diatur di bagian property interval ubah nilainya jadi 1000 , maksudnya apa nanti kita akan jelaskan .

Oke jika sudah kita ke bagian koding . Kita ketik seperti dibawah


Private Sub Form_Load()
Label1.Caption = Time
Label2.Caption = Date
End Sub

Private Sub Timer1_Timer()
Label1.Caption = Time
Label1.Refresh
End Sub


Oke Jika sudah maka tampil seperti berikut


Sekarang saya akan coba jelaskan .

  • Pertama untuk interval itu maksudnya setiap berapa mili second kita akan melakukan instruksi yang ada di timer . dan di sana bernilai 1000 yang artinya adalah 1 detik . Jadi setiap satu detik kita akan melakukan instruksi instruksi yang ada di timer
  • Kedua untuk mengambil jam sekarang kita gunakan yang namanya Time dan untuk mengambil Tanggal sekarang kita gunakan Date .
Gimana mudah bukan untuk membuat jam digital di VB6 itu . Saya akhiri semoga bermanfaat dan juga menambah wawasan . Terimakasih telah berkenan membaca artikel ini . Sampai jumpa di artikel yang lainnya yang lebih menarik dan juga bermanfaat . 

Silahkan kunjungi blog terbaru saya disini

No comments:

Post a Comment