Friday, June 24, 2016

Java , membuat variable

Java , membuat variable
Di Posting Oleh : Wandi febriandi
Kategori : Pelajaran Pemprograman

Membuat variable di java



Selamat datang kawan di blog saya yang sederhana ini . Kali ini saya akan bahas bahas lagi mengenai java . Kali ini saya akan membahas cara membuat variable di java . Variable itu apa sih ? valiable adalah tepat kita untuk menyimpan nilai , bisa itu berupa angka , huruf , simbol , dan kawan kawan .

Baca juga java "Hello world" 

Java tidak seperti javascript yang tipe datanya otomatis , tetapi kalo java seperti bahasa C kita harus menentukan dulu tipe datanya apa , lalu tulis nama variablenya .

Tipe data di java

Tipe data adalah yang menentukan nilai datanya apa , bisa angka , huruf ,dan kawan kawan . Dan di java ada tipe data , sebagai berikut :
  • Integer , java memiliki 5 tipe data integer , yaitu byte , short , int , long , dan char . char juga bisa di tulis dengan angka tentu tanpa ( "" ) dan itu ada merupakan kode ascii , tentu kalo kita menulis bilangan kita bisa men jumlahkannya .
  • Floating-point , floating adalah bilangan pecahan . floating di java memiliki 2 tipe data , itu float dan juga double .
  • Bollean , di java tipe data bollean hanya ada dua nilai , yaitu true dan false , benar dan salah . Tipe data ini biasanya yang paling dasar di gunakan untuk , percabangan .


Baca juga Variable dan konstanta di bahasa C
Kita langsung saja coba praktekan

class variable{
public static void main(String args[]){
int a=5,b=2,c=a+b;
System.out.println("hasil "+a+"+"+b+" = "+c);
}
}

maka akan menampilkan " hasil 5+2=7 " di layar . kenapa variable c bisa 7 ? karena saya melakukan pertambahan dari variable a dan b c=a+b , yang mana nilai dari a=5 dan b=2 . Jika di tambah akan menghasilkan 7 . Selain di kali kawan kawan bisa juga di / , * , - , % . Kalo % adalah modulus . Jadi modulus itu sisa bagi . Kalo kita ubah yang variable  c=a%b , maka akan mehasilkan 1 . 5:2=4 sisa 1 .

class variable{
public static void main(String args[]){
int a=5,b=2,c=a%b;
System.out.println("hasil"+a+"mod"+b+" = "+c);
}
}

Sekarang kita akan coba untuk menjumlahkan tipe data char .

class variable{
public static void main(String args[]){
char a=70;
System.out.println("Huruf dari variable a adalah "+a);
a++;
System.out.println("Huruf dari variable a adalah "+a);
}
}

Maka akan menampilkan

Huruf dari variable a adalah F
Huruf dari variable a adalah G

kenapa bisa menampilkan huruf F dan G .

lihat apa itu kode ASCII ?
Oke mungkin itu dia variable di java . Semoga bermanfaat dan juga menambah wawasan . Terimakasih telah berkenan membaca artikel ini . Sampai jumpa di artikel yang lainnya yang lebih menarik dan juga lebih bermanfaat .

Silahkan kunjungi blog terbaru saya disini

No comments:

Post a Comment