Monday, May 30, 2016

cara koneksi database dengan php

cara koneksi database dengan php
Di Posting Oleh : Wandi febriandi
Kategori : Pelajaran Pemprograman web

Selamat datang kawan kawan di blog saya yang sederhana ini . Sebelumnya saya mau tanya bagaimana kabarnya kawan ? mudah mudahan sehat , amin  . Di artikel sebelumnya saya telah berbagi mengenai tips tips pada css yaitu tipsnya mengenai membuat  menu posting responesive dengan css , apa saja di property yang digunakan ? langsung aja baca disana . Di artikel sebelumnya juga saya telah berbagi mengenai library javascript yaitu jQuery saya berbagi mengenai jQuery manipulasi posisi  . Kalo menurut saya belajar menipulasi posisi itu penting , terutama kalo kita ingin membuat game atau animasi membuat orang berjalan , atau lainnya .




Oke lanjut kali ini saya akan berbagi mengenai cara koneksi databases dengan php . Sebelum memulai pembelajaran kali ini kawan kawan harus tau dasar dari php , kalo belum belajar dulu php dasarnya . Oke kalo kawan kawan sudah menguasai php dasar , kita akan lanjut belajar phpnya . Untuk pertama - tama kawan kawan buat dulu database nya . Kalo belum tau cara buat database baca sini .

Oke kali ini saya akan buat database nya , untuk membuat sebuah database kita bisa menggunakan GUI dengan phpmyadmin atau kawan kawan bisa membuat database nya dengan command prompt , sambil belajar dengan query query mysql nya . Oke kali ini saya akan coba buat database dengan command prompt .

buat database


Kali ini saya membuat nama database nya bernama wandi dan juga di sana ada satu table bernama user yang di tablenya ada id , nama , umur . Oke kawan kawan bebas buat database nya . Sekarang kalo kawan kawan sudah membuat database sekarang kita akan lanjut ngoding , bagaimana caranya mengkoneksikan databases dengan mysql ?  .

<?php 
$host="localhost";
$user="root";
$pass=""; // default nya kosong
//jadi kalo gak pake password tinggal pass=""
//kalo pake password tinggal tulis
$db="wandi"; //nama databasesnya
//ganti dengan yang sudah kalian buat namanya
$konek=mysql_connect($host,$user,$pass);
$pilih_databases=mysql_select_db($db,$konek);
if($pilih_databases==true){
echo "berhasil konek";
}else{
echo "gagal konek";
}
?>

Oke jadi untuk mengkoneksikan database dengan php , membutuhkan 4 informasi yang pertama adalah hostnya , ke dua username , ke tiga passwordnya , dan yang ke empat adalah database nya . cara mengkonekkan database dengan php mengunakan fungsi nya yaitu myql_connect(host,user,password) ada tiga parameter yaitu host , user dan password .

Untuk memilih database kita mengunakan fungsi mysql_select_db(databasesnya) jadi ada satu parameter yaitu databasenya , atau bisa juga dengan 2 parameter yatitu databasenya dan connectnya . Bro emang harus itu pake variable host,user pass sama db nya ? gak juga sih bisa juga dengan nulis gini .

<?php
$konek=mysql_connect('localhost','root','123456');
$pilih_databases=mysql_select_db('wandi');
if($pilih_databases==true){
echo "berhasil konek";
}else{
echo "gagal konek";
}
?>

Hasilnya sama akan konek ke database dan akan menampilkan berhasil konek . Kalo gitu kenapa bro lu pake variable ? kenapa saya pake variable ? agar penulisnya lebih mudah dan juga lebih enak di baca .

Berhasil konek database


Oke gimana , mudah bukan untuk mengkoneksikan atau menghubungkan mysql dengan php , kita hanya membutuhkan 4 informasi dan juga 2 fungsi .Oke semoga bermanfaat dan juga menambah wawasan tentunya . Terimakasih telah berkenan membaca artikel ini . Sampai jumpa di artikel yang lainya yang lebih menarik dan juga lebih bermanfaat .

Silahkan kunjungi blog terbaru saya disini

No comments:

Post a Comment