Tuesday, May 17, 2016

Belajar packet tracer , membuat jaringan dengan HUB dan swicth

Belajar packet tracer , membuat jaringan dengan HUB dan swicth
Di Posting Oleh : Wandi febriandi
Kategori : Jaringan Dasar Pelajaran

Selamat datang kawan kawan di blog saya yang sederhana ini . Sebelumnya saya mau tanya bagaimana kabarnya kawan ? mudah mudahan sehat , amin . Di artikel sebelumnya saya telah berbagi mengenai Belajar packet tracer , membuat jaringan wireless . Di artikel sebelumnya juga saya telah berbagi mengenai jangan berhenti di tengah jalan , ayo dibaca agar jadi semagat .



Oke lanjut karena sebelumnya saya telah berbagi tutorial packet tracer membuat jaringan wireless , sekarang saya akan melanjutkan tutorial packet tracernya untuk membuat jaringan dengan HUB dan juga swicth. Hub fungsinya apa ? Hubs berfungsi sebegai penerima sinyal dari sebuah komputer dan merupakan titik pusat yang memhubungkan ke seluruh komputer dalam jaringan tersebut . Oke kalo sudah tau sekilas mengenai hubs kita lanjut ke tutorial saja .

1. Pertama siapakan 1 buah  hubs dan 3 buah pc untuk menghubungkan pc ke hub kita mengunkan kabel straight-through . Oke kita buat jaringan seperti berikut .


2. Oke kalo sudah kita setting ip address di masing masing komputer untuk pc0 192.168.2.1 , pc1 192.168.2.2 pc2 192.168.2.3 .

3. Oke kalo sudah setting ip addressnya , kita masuk ke simulation mode lakukan kirim PDU dari pc0 ke pc1 . lihat apa yang terjadi .


bro kenapa pc0 ceklis tapi pc2 kok silang ? karena kita kan pc0 megirim dan pc1 membalas pesannya . Oke kalo gitu kita coba gunakan swicth , swicth fungsinya sama dengan hub , tetapi ada perbedaannya , kalo mau tau apa perbedaan , langsung aja ke tutorial yang kedua .

1. Pertama siapkan 3 buah pc , swicth dan kerena kita akan menghubungkan ke beda device kita menggunakan kabel straight-through .


2. Oke kalo sudah seperti biasa kita setting ip addressnya . Untuk pc3 192.168.3.1, pc4 192.168.3.2, pc5 192.168.3.3 .

3. Oke kalo sudah setting ip addressnya , kita lanjut seperti biasa masuk ke simulation mode dan kita PDU dari pc3 ke pc4 . lihat apa yang terjadi .


Terlihat jelaskan perbedaan antara swicth dengan hub , jadi swicth pengirimannya lebih cepat .

Oke itu dia cara membuat jaringan dengan HUB dan swicth semoga kawan kawan paham dan juga bermanfaat untuk kawan kawan . Terimakasih telah berkenan mengikuti tutorial ini . Sampai jumpa di artikel yang lainnya yang lebih menarik dan juga lebih bermafaat .
Silahkan kunjungi blog terbaru saya disini

No comments:

Post a Comment