Tuesday, May 17, 2016

Belajar packet tracer , menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lainnya

Belajar packet tracer , menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lainnya
Di Posting Oleh : Wandi febriandi
Kategori : Jaringan Dasar Pelajaran

Selamat datang kawan kawan di blog saya yang sederhana ini . Sebelumnya saya mau tanya bagaimana kabarnya kawan ? mudah mudahan sehat , amin . Di artikel sebelumnya saya telah berbagi mengenai belajar packet tracer , membuat jaringan dengan hub dan switch . Di artikel sebelumnya juga saya telah berbagi mengenai belajar packet tracer , membuat jaringan wireless .

Oke lanjut saya akan kembali lagi membahas packet tracer , kali ini kita akan coba untuk menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lainnya . Kalo menghubungkan jaringan kita menggunakan apa bro ? untuk menghubungkan jaringan kita menngunakan router . Oke sekarang kita akan coba . langsung aja ke tutorial .

1. Siapkan 4 pc , 2 hub dan juga 1 router . buat seperti berikut ini .


2. Kenapa bro yang hub ke router warnanya merah ? oh itu kenapa ? karena kita belum menghidupkan fastEthetnetnya .tetapi sebelum kita menghidupkan fastEthenet kita isikan dulu ip address pc0 dengan 192.168.100.2 dan jangan lupa isikan getway dengan 192.168.100.1 , pc1 dengan 192.168.100.3 dengan getway yang sama dengan pc0 , pc2 dengan 192.168.101.2 dan getway 192.168.101.2 , pc3 dengan 192.168.101.3 sama dengan pc2 .


3. Oke jika semua pc sudah di setting ip addressnya , tinggal kita hidupkan routernya dengan cara klik router lalu klik config lalu klik fastEthetnet0/0 . kita isi ip address dengan getway 192.168.100.1 dan lakukan hal yang sama dapat fastEthetnet1/0 dengan ip address 192.168.101.1 .


4. Oke jika sudah kita masuk ke simulasi mode dan kirim simple PDU dari pc0 ke pc1 .


5. Oke jika sudah successful kita kalukan pengiriman simple PDU dari pc0 ke pc2 lalu masuk ke simulasi mode .


6. buat yang sudah successful selamat dan buat yang belum succesful semangat .

Oke itu dia tutorial menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lainnya semoga gak membingunkan tutorialnya dan juga bermanfaat . Terimakasih telah mengikuti tutorial saya . Oke sampai jumpa di artikel yang lainnya yang lebih menarik dan juga lebih bermanfaat .

Silahkan kunjungi blog terbaru saya disini

No comments:

Post a Comment