Tuesday, May 24, 2016

String pada bahasa c

String pada bahasa c
Di Posting Oleh : Wandi febriandi
Kategori : Pelajaran Pemprograman

Selamat datang kawan kawan di blog saya yang sederhana ini . Sebelumnya saya mau tanya bagaimana kabarnya kawan ? mudah mudahan sehat , amin . Di artikel sebelumnya saya telah berbagi mengenai pengertian visual basic 6.0 . Di artikel sebelumnya juga saya telah berbagi mengenai belajar packet tracer , menghubungkan 3 jaringan komputer .



Oke sudah lama gak share bahasa c lagi , jadi sekarang saya akan share bahasa c mengenai string pada bahasa c . Jadi sebenarnya string ini adalah char cuma berupa array , array itu apa sih ? jawabannya disini . Masa sih string itu tipe data char cuma berupa array ? oke saya akan kasih contohnya .

#include "stdio.h"
main()
{
char nama[20];
printf("masukan nama : ");gets(nama);
printf("\n nama anda %s \n"
"huruf pertama ada adalah %c\n",nama,nama[0]);
}

Misal kita masukan namanya "wandi" maka akan ngeprintf atau menampilkan seperti di bawah .


Gimana sekarang percayakan bahwa string merupakan tipe data char yang berupa array . jadi karena array dimulai dari 0 dan huruf pertama saya adalah w maka akan menampilkan w . misal lagi kalo saya memasukan nama "andi" maka akan menampilkan andi dan akan menampilkan huruf pertama a .

Itu mengenai string dasarnya , kalo untuk memasukan string caranya bagaimana ? sudah bisa di tebak untuk masukan string dengan menggunakan fungsi gets(nama_variablenya) . Kalo kode formatnya apa ? sudah bisa di tebak juga kode formatnya adalah %s .  Bro kalo misal kita pengen membuat array string gimana , kan string udah berupa array ? Oke kalo itu langsung saja ke contohnya .

#include "stdio.h"
#include "string.h"
main()
{
char nama[2][10]={"wandi","febriandi"};
printf("nama lengkap %s %s\n"
"nama panggil %s\n",nama[0],nama[1],nama[0]);
}


Oke sebelumnya kita tambahkan dulu di bagian header file #include "string.h" , kenapa ? karena kita tidak bisa menulis langsung char nama[2][10]={"wandi","febriandi"}; tanpa adanya string.h . Penulisannya dengan char namanya[jumlah_array][jumlahkatanya]




kalo kita sudah menulis di header file string.h , maka kita bisa melakukan fungsi apa aja sih ? kita bisa melakukan fungsi strcat() , strupr() , strlwr() , strccmp(),strncpy() . Oke sekarang akan ke contoh semuanya .


#include "stdio.h"
#include "string.h"
main()
{
char nama[10]="wandi";
char nama2[20];
strncpy(nama2,nama,10);
printf("nama panggil %s\n",nama2);
printf("\nnama panggil dengan huruf kapital %s\n",strupr(nama2));
printf("nama panggil dengan huruf kecil %s\n",strlwr(nama2));
printf("nama panggil %s\n",strcat(nama2," febriandi"));
if(strcmp(nama,nama2)==0){
printf("sama\n");
}else{
printf("beda\n");
}
}


jadi pertama strncpy() fungsinya untuk mencopy. Cara penulisannya dengan strncpy(stringt_ujuan,string_sumber,jumlah_karakter_string_sumber) .

Kedua strupr() fungsinya untuk mengkapitalkan tulisan . Penulisanya dengan strupr(stringnya)
Ketiga strlwr() funsinya untuk mekecilkan tulisan . Penulisannya sama dengan strupr() . srtlwr(stringnya) .

Keempat strcat() fungsinya untuk menambahkan tulisan . Penulisanya dengan strcat(stringnya,string_tambah) .

Kelima strcmp() funsinya untuk membandingkan string . Penulisanya dengan strcmp(string1,string2) . Jika hasilnya sama maka hasilnya 0 . kalo string pertama kurang dari string kedua hasilnya negatif . kalo string pertama lebih besar dari string kedua hasilnya akan positif .

Oke mungkin itu dia string pada bahasa c . Semoga menambah wawasan dan juga bermanfaat . Terima kasih telah berkenan membaca artikel ini . Sampai jumpa di arikel yang lainnya yang lebih menarik dan juga lebih bermanfaat .
Silahkan kunjungi blog terbaru saya disini

No comments:

Post a Comment