Thursday, January 14, 2016

Apa sih yang dimaksud Wifi ?

Apa sih yang dimaksud Wifi ?
Di Posting Oleh : Wandi febriandi
Kategori : Jaringan Dasar Pelajaran

Pada hari kamis ini saya akan berbagi artikel mengenai wifi pasti semua orang tidak asing lagi mendengar kata wifi , tapi apa kalian tau apa yang di maksud wifi dan apa fungsi wifi ? sudah tidak usah berlama lama lagi mari kita bahas .





Pengertian WIFI


Wifi singkatan dari wireless fidelity yaitu media penghantar komunikasi data tanpa kabel yang di gunakan untuk komunikasi atau mentransfer program dan data dengan kemampuan yang sangat cepat , cepat karena media penghantarnya mengunakan sinyal radio yang bekerja pada frekwensi tertentu .

Mungkin istilah wifi banyak di kenal oleh masyaatakat sebagai media untuk internet saja , tetapi sebenarnya bisa juga difungsikan sebagai jaringan tanpa kabel (nirkabel ) seperti di perusahaan-perusahaan besar dan juga di warnet . jaringan nirkabel tersebut biasanya di sebut LAN ( local area network ) . 
baca juga cara membuat kabel lan . sedangkan untuk pengunaan internet wifi memerlukan sebuah titik akses yang biasa disebut dengan hotspot untuk menghubungkan dan mengontrol antara penguna wifi dengan internet pusat .


Kelebihan dan kekuranggan WIFI


Kelebihan :
  • Dikembangkan tanpa kabel dan menggunakan gelombang radio dengan frekuensi 2,4 GHz . Selain itu Wi-fi dapat mengirim dan menerima kapasitas sampai 54 Mbps
  • Menggunakan jalur akses jaringan / hotspot , dapat berkomunikasi ke semua komputer dan laptop . Wireless klien : PCMACIA / PC Card , Gateway , server , medem router dan proxy .
Kekurangan :

  • Adanya kelemahan yang terletak pada konfifurasi dan jenis enkripsi . Kelemahan tersebut diakibatkan karena terlalu mudahnya membangun sebuah jaringan wireless .
  • Wired Equivent Privacy ( WEP ) yang menjadi standart keamanan wireless sebelumnya dapat dengan mudah dipecahkan dengan berbagai tools yang tersedia gratis di internet .
Oke segitu penjelasan dari saya semoga paham

sampai jumpa di artikel yang lainnya .
Silahkan kunjungi blog terbaru saya disini

No comments:

Post a Comment