Wednesday, June 8, 2016

Operasi file dengan php

Operasi file dengan php
Di Posting Oleh : Wandi febriandi
Kategori : Pelajaran Pemprograman web

Selamat datang kawan kawan di blog saya yang sederhana ini . Sebelumnya saya mau tanya bagaimana kabarnya kawan ? mudah mudahan sehat , amin . Di artikel sebelumnya saya telah berbagi mengenai jenis jenis printerdan di artikel sebelumnya juga saya telah berbagi mengenai memecah string menjadi array dan sebaliknya mengabungkan array menjadi string .



Oke kali ini saya akan berbagi mengenai operasi file dengan php , yang di maksud operasi buka operasi kayak dokter tetapi kita akan operasi yaitu membuat file , membuka file , menulis file dan kawan kawan . Semua akan di bahas di sini . Oke lasung aja kalo gitu kita mulai

Pertama kita akan membuat file .

<?php
touch("tes.txt");
if(file_exists("tes.txt")){
echo "file sudah di buat ";
}else{
echo "file gagal di buat ";
}
?>

untuk membuat file kita mengunakan fungis touch("nama_filenya") . Bro kalo file_exists maksudnya apa ? kalo file_exists maksudnya jika file ada maka akan meng echo file sudah di buat , jadi fungsi dari file_exists adalah untuk mengecek apakah file itu ada atau tidak . Penulisanya dengan cara file_exists("nama_filenya") .

Oke sekarang kita akan coba untuk menulis file , sebelum menulis file yang pertama harus kita lakukan adalah mebuka file lalu menulisnya dan jika sudah kita tutup kembali . Oke langsung aja cara caranya gimana ?

<?php
touch("tes.txt");
if(file_exists("tes.txt")){
$buka_file=fopen("tes.txt","w");
fputs($buka_file,"wandi febriandi");
fclose($buka_file);
}else{
echo "file gagal di buat";
}
?>

Jadi untuk membuka file dengan cara fopen("nama_filenya","modenya") yang di maksud modenya adalah bisa membaca aja , menulis aja , dan kawan kawan . Bro kalo mode w itu apa ? w itu di gunakan untuk menulis file , selain w ada juga yang lain yaitu , w+ dapat membaca dan menulis file , a memungkinkan dapat menulis file , a+ dapat membaca dan juga menulis file ,  r membuka file saja , r+ membaca dan menulis file  .

Itu mengenai mode mode fopen() . lalu untuk memukan penulisan dengan cara fputs(file yang tealh di buka , "tulisanya"); . Setelah selesai kita membuka dan menulis dan yang terakhir adalah menutup filenya denngan cara fclose(file yang telah di buka ); .

Bro kalo kita ingin memasukan filenya di dalam folder gimana ? kalo ingin memasukan filenya di dalm folder mudah saja tinggal di tambah nama foldernya , contonya

<?php
touch("tes/tes.txt");
if(file_exists("tes/tes.txt")){
$buka_file=fopen("tes/tes.txt","w+");
fputs($buka_file,"wandi");
fclose($buka_file);
}else{
echo "file gagal di buat";
}
?>

Bro kok file gagal di buat ? jadi sebelum kalian tes hasilnya di browser kalian harus buat dulu folder tes nya . sebenarnya bisa sih membuat dir atau folder di php dengan fungsi mkdir() , tetapi saya akan bahas khusus saja mengenai direktori di artikel selanjutnya  .

Oke lanjut jadi tinggal ditambah tes/tes.txt selesai . Bro kalo kita akan membaca filenya di browser bisa gak ? bisa nama fungsinya adalah feof dan fgets . oke lansung aja gimana caranya

<?php
touch("tes/tes.txt");
if(file_exists("tes/tes.txt")){
$buka_file=fopen("tes/tes.txt","r");
//fputs($buka_file,"wandi");
while(!feof($buka_file)){
$kalimat = fgets($buka_file,1024);
echo $kalimat;
}
fclose($buka_file);
}else{
echo "file gagal di buat";
}
?>

!feof($buka_file) nah ini fungsinya untuk mengecek apakah pointer atau kursor berada pada akhir kalimat , dan jika sudah maka  akan berhenti . lalu kita menganbil dengan fgets($buka_file,1024); yang 1024 itu mengambil ukuran  1024 . lalu kita tampilkan dengan echo .

Oke sekarang kita akan mehapus file , caranya dengan menggunakan fungsi unlink , penulisanya adalah dengan unlink(nama_filenya) . oke langsung saja contonya

<?php
touch("tes/tes.txt");
if(file_exists("tes/tes.txt")){
unlink("tes/tes.txt");
}
?>

Oke itu dia gimana cara menbuka file , membaca file , membuat file , menulis file , menutup file , menghapus file . Semoga menambah wawasan dan juga tentunya bermanfaat  . Terimakasih telah berkenan membaca artikel ini . Sampai jumpa di artikel yang lainnya yang lebih menarik dan juga lebih bermanfaaat .

Silahkan kunjungi blog terbaru saya disini

No comments:

Post a Comment