Saturday, May 14, 2016

Belajar packet tracer , membuat jaringan peer to peer

Belajar packet tracer , membuat jaringan peer to peer
Di Posting Oleh : Wandi febriandi
Kategori : Jaringan Dasar Pelajaran

Selamat datang kawan kawan di blog saya yang sederhana ini . Sebelumnya saya mau tanya bagaimana kabarnya kawan ? mudah mudahan sehat , amin . Di artikel sebelumnya saya telah berbagi mengenai cara mengunakan jquery . Di artikel sebelumnya juga saya telah berbagi mengenai pengertian cisco packet tracer .



Oke lanjut sekarang saya akan berbagi mengenai belajar packet tracer , membuat jaringan peer to peer . Oke sebelumnya kalian harus terinstal dulu cisco packet tracernya kalo  belum terinstal cisco packet tracer download disini . Oke kalo sudah terinstal cisco packet tracer sekarang kita lanjut belajarnya .

membuat jaringan peer to peer , bray peer to peer itu apa sih ? Oke saya akan bahas dikit mengenai peer to peer . jadi peer to peer merupakan sebuah jaringan yang didalamnya terdiri dari beberapa komputer biasanya jaringan jenis ini hanya terdiri tidak lebih dari 10 komputer serta 1 atau 2 printer . Oke kalo sudah paham kita lanjut ke prakteknya .

1. pertama buka packet tracer

2. di buka packet tracernya , siapkan 2 buah laptop dan 1 buah kabel cross-over . Buat seperti gambar di bawah


3. jadi itu hanya terhubung saja kalo kita coba mengirim data pasti gagal . kenapa bray ? karena IP addressnya belum di setting atau bisa juga dibilang alamat komputernya belum ada . Ibarat kantor pos kan harus ada alamat pengirim dan penerimanya . Oke kalo gitu kita lanjut lagi setting Ip address , dengan cara klik Laptop0 lalu ,  klik desktop , lalu klik Ip configuration . ubah jadi static dan settting ip address jadi 192.168.10.10 .


4. lalukan hal yang sama pada Laptop1 kali ini dengan ip address 192.168.10.11

5. Kalo sudah , masuk ke mode simulation


6. Oke kalo sudah masuk ke mode simulation , kirim simple PDU dari Laptop0 dan kirim ke Laptop1 dengan cara seperti gambar di bawah ini



7. kalo sudah klik saja auto capture/play . Lihat apa yang terjadi . Jadi pertama laptop0 mengirim data kelaptop1 lalu laptop1 mengirim data ke laptop0 .


8. Kalo sudah , akan ada tertulis successful dan tanda pesan ceklis di Laptop0 .


9. Terakhir . Selamat kalian telah berhasil membuat jaringan komputer .

Oke jadi itu dia bagaimana cara membuat jaringan komputer peer to peer , gimana sederhana bukan , mudah bukan .  Oke terimakasih telah kerkenan mengikuti tutorial ini . Oke sampai jumpa di artikel yang lainnya yang lebih menarik dan juga lebih bermanfaat . 
Silahkan kunjungi blog terbaru saya disini

No comments:

Post a Comment